16.5.06

Avant Garde Bk BT


Bagi sebagian besar pengguna CorelDraw (versi manapun, dari versi 5 sampe 12, baik yang bajakan maupun yang original), tentu familiar dengan font Avant Garde. Karena memang sejak dulu sampai di versi X3 jadi font default. Selain itu jika terjadi missing font (font pada file tidak tersedia dalam system), secara default CorelDraw akan menggantinya (subtitute) dengan font default, Avant Garde Bk BT.
**
Font Avant Garde dibuat oleh Herb Lubalin tahun 70-an (beberapa sumber menyebutkan tahun 1974), meskipun sebenarnya sudah berkembang jauh sebelum itu. Avant Garde sendiri berasal dari nama majalah yang terbit waktu itu di New York. Logotype brand majalah tersebut kemudian dikembangkan menjadi typeface dengan family lengkap seperti sekarang ini. Secara struktur, Avant Garde termasuk font sans serif yang cukup punya peran dalam perkembangan typhography dan desain grafis. Karakternya tegas, namun feminin, lebih cocok untuk logotype atau headline, kurang begitu cocok untuk bodycopy.
**
Bagi pengguna Corel, font ini menjadi semacam pantangan untuk digunakan. Mungkin:
- Takut dianggap males ganti font
- Takut dianggap pemula, yang belum tahu cara mengganti font.
- Takut dikira missing font.

3 comments:

irwanmahdi said...

maaf mau koreksi sedikit. setahu saya avant garde bukan termasuk Slab Serif (egyptian) bahkan serif pun bukan. serif adalah font yang memiliki lekukan di ujungnya. contohnya seperti Times New Roman, Garamond, Jenson, dan Rockwell. yang dibagi2 lagi menjadi: humanis (cth: Jenson), Old Style (Garamond), transisional (times New Roman), dan Slab (rockwell). Slab serif memiliki ciri2 serif yang keras atau kaku.

maaf kalau salah. karena saya ga pernah sekolah desain cuma dapat ilmu dari baca2 di internet. untuk sumbernya coba cek disini:

http://ilovetypography.com/2008/06/20/a-brief-history-of-type-part-5/

ecodezign said...

Terima kasih atas koreksinya, sepertinya memang saya salah kutip, yang sayangnya saya tidak mencantumkan sumbernya.

Terimakasih.

gomes will animorf everyday said...

kalo avant garde yang huruf A nya miring2 gitu tipe apa seh mas?jarang yg free download ya??