3.1.07

gemes


Logo diatas adalah pemenang "regional" lomba logo 40 tahun Asean, dengan tema "One ASEAN at the Heart of Dynamic Asia" yang diadakan oleh Deplu-Sekreatariat Asean.
Pemenang regional ini nantinya akan dilombakan lagi ditingkat asean, yang artinya akan diadu dengan pemenang dari negara-negara anggota asean yang menyelenggarakan lomba serupa. Melihat, logo pemenang di atas, kayaknya agak ironis. Dari banyak desainer di indonesia, kok hanya menghasilkan output demikian. Saya yakin nggak semua yang jago desain ikutan bikin sih, cuman masak sih cuman segitu aja. Untuk even dan institusi segede itu?
Logo juara 1 (paling kiri) jauh dari kesan dinamis maupun festive. Malah terkesan suram. Sekilas nampak seperti ikon AIDS yang awalnya diambil dari tanda berkabung masa perang dulu. Warna yang dipilihpun kayaknya tidak mencerminkan spirit. Warna hitam di tengah, sepertinya tidak terlalu pas, apalagi banyak bentuk persilangan (kalo gak salah, bentuk yang kayak gini, gak bagus feng shui-nya). Menurut deskripsinya, silang-silang tersebut sebagai visual 40 tahun dilambangkan dengan angka romawi XXXX? (bukannya 40 = XL??).
Logo ditengah, memang simple, but... (speechless). Sebenarnya agak mending logo ke tiga (paling kanan). selain warnanya yang lebih hidup, lebih festive. Selain itu unsur dinamisnya juga lebih terasa.
Dengan hasil tersebut, pesimis (dan semoga jangan menang) bisa menang di tingkat Asean nanti. Tapi entahlah, selera (dan kapabilitas?) juri bisa saja berkata lain...

1 comment:

penamaya said...

setuju & betul sekali komennya atas logo2 tesebut diatas,...
sekali lagi hal ini bisa terjadi karena kapabilitas juri yang mungkin masih gak fresh dengan perkembangan style logo & trend yang berkembang.

dari segi tema inti yang diperlombakan semua logo tersebut masih kaku,..prioritas kesan festive harusnya lebih muncul duluan..baru menuju pada nuansa logo asli asean-nya.

salam kenal mas,
toio