21.1.08

Logo xerox juga baru


Awal tahun ini, bukan hanya Bank Mandiri yang memperkenalkan logo barunya. Xerox, sebuah brand global juga melaunching logo barunya. Brand Xerox sendiri sudah sangat kuat di bidang 'perfotokopian'. Namun ternyata justru itulah yang salah satunya menjadi latar belakang mengganti logonya, yang sudah dipakainya selma 40 tahun. Memang dalam perkembangannya, kini xerox bukan hanya sebagai pembuat mesin fotokopi, namun juga menghasilkan printer (laser) dan produk -produk lain (mereka menghasilkan 100 produk baru berbagai jenis dalam 3 athun terakhir). Karena ingin 'merubah' image tersebut, sekaligus merevitalisasi brand, maka saaqt ini sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat untuk mengganti logo tersebut.
Dalam pembuatan logo ini, xerox mempercayakan kepada interbrand, yang juga pernah menangani brand global macam 3 com, BMW, Samsung, Nikon, Lexmark, eBay, AT&T dll. Mereka menghabiskan waktu 18 bulan (1,5 tahun ya), termasuk dengan mewawancarai 5000 responden dari berbagai belahan dunia untuk mengetahui persepsi terhadap brand xerox selama ini. Tidak disebutkan berapa budget yang dibutuhkan untuk itu semua.
Memang sih, logo baru itu, utamanya tipografinya terlihat lebih fresh, lebih ramah, lebih dinamis dan modern, namun tetap serius dan profesional. Cuman red dot itu kalo dilihat-lihat, sepertinya memang cukup generik. Kalau dibandingkan dengan xBox 360 nya Microsoft, malah kayak sekuelnya ya.. kayaknya logo xbox yang terbelah itu, sekarang dibalut perban... hehe. Tapi keren kok. (*ngebayangin proses bikinnya*)

artikel-artikel lain dapat dibaca disini:
nytimes
reuters
bussinesweek

2 comments:

Anonymous said...

Mas! blogmu memang keren.. aku jd 'tuman' ngunjungi bloumu neeh! :D cuma ada satu hal, yg aku pingin cermati dari logo xerox, kok jd serba kaya IDX yah? apa trend logo sekarang baru 'gemar' konsep lingkaran merah yah? bagaimana kajian mas eko sebagai pakar logo :) thx jwabannya

ecodezign said...

logo khan harusnya emang bener-bener representasi pemiliknya, nggak harus ikut tren, karena logo itu khan longlife nya panjang. Menurutku logo-logo macam coca-cola, shell, bahkan xerox sendiri yang sudah berumur 40 tahun masih relevan sampai sekarang, adalah sesuatu yang harus dipikirkan saat membuatnya. Jadi harusnya logo sekarang itu ya harus mikirin jauh kedepan.
Soal trend, logo kayak xerox baru itu setahuku malah udah 2006. Coba bisa dibaca di sini
Jadi, sekali lagi, logo itu harus bisa menjalankan fungsinya dengan baik, masalah trend itu hasil, bukan tujuan. Artinya kalo bikin logo kuat karakternya, hasilnya semua orang suka, terus pada ikutan, itu khan namanya tren sebagai hasil.

nb: saya bukan pakar kok mas, lagi belajar juga.