7.4.06

jalanan jogja



Berkendara- khususnya sepeda motor- di beberapa jalanan di jogja mempunyai titik rawan yang cukup tinggi. Katakanlah jalan kaliurang yang sudah cukup crowded sering dengan menjamurnya tempat usaha di sepanjang jalan itu. Atau jalan Taman Siswo, yang selain sempit, juga sudah cukup crowded dengan banyaknya kendaraan yang melewatinya, terlebih pada saat jam sibuk. Jalan magelang juga mempunyai resiko cukup tinggi, mskibun lajur jalan cukup lebar, namun hal itu justru memicu keinginan untuk memacu kendaraan lebih kencang. Jalan Solo, meski di beberapa bagian dibatasi median jalan, namun tetap saja berbahaya. Beberapa ruas jalan memang tidak didesain untuk volume kendaraan seperti sekarang. Namun tumbuhnya kota, sangatlah merubah kondisi tersebut. Katakanlah di suatu jalan yang dulu memang gak begitu ramai, setelah berdiri suatu cafe yang akhirnya jadi ramai, tentu tingkat pemakai jalan disitu bertambah. bisa dibayangkan berapa tempat seperti itu bermunculan dalam 3 atau 5 tahun terakhir..
Itulah kenapa ada yang namanya Rencana Induk Tata Ruang ota, yang mesti dilaksanakan. Termasuk didalamnya izin untuk usaha di kawasan tertentu.

Selain kondisi jalan, perilaku pemakai jalan juga mempengaruhi tingkat kerawanan jalan. Ada beberapa perilaku pemakai jalan (sepeda motor) yang bisa membahayakan.
- kalau mau menyeberang, sementara dari arah berlawanan masih ramai/sibuk, mereka akan berjalan ditepi di arah yang berlawanan.
- di jalan-jalan sempit, banyak yang melanggar marka, masuk ke jalur berlawanan.
- di lampu merah, banyak yang ambil lajur kiri (emang biasanya kosong karena diperuntukkan yang mau belok ke kiri), tapi sebenernya mereka mau lurus.
- sebaliknya kadang ada yang dilampu merah, mereka ambil lajur paling kanan (kadang sampe di luar jalur), begitu lampu ijo mereka langsung tancep gas belok kiri.

jadi hati-hatilah. sambil tetap jaga perilaku di jalanan.


__________________________________
sekedar sharing. abis jadi korban...

1 comment:

M. Arief Budiman said...

Makasih Pak Eko, ini nasehat bagus bagi sesama pengendara motor. He he he... Smg lekas sembuh jarinya dan dianugerahi kesabaran untuk bertarung lg di jalanan, dengan tetap santun dan lebih waspada :)